Senin, 12 Desember 2016

CONTOH ANALISIS SKRIPSI



Nama                     : Ahmad Ali As’adi
NIM/Kelas           : 1501046003/PM A3
Makul                    : Metodologi Penelitian
PEDOMAN PENYUSUNAN SKRIPSI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
1.              BAGIAN UTAMA
Bagian utama skripsi merupakan hasil perbaikan (revisi) dari skripsi yang telah diujikan dengan penjelasan sebagai berikut:
BAB I: PENDAHULUAN
Bab ini memuat latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, tinjauan pustaka, dan metode penelitian. Pada prinsipnya metode penelitian juga bisa ditulis sebagai bab tersendiri.
1.         Latar Belakang
Latar belakang adalah penggambaran mengenai fenomena empirik dan atau wacana teoretik/ akademik yang merupakan kesenjangan antara fakta dengan teori, sehingga memerlukan jawaban atau penjelasan. Pada bagian ini perlu dijelaskan problem penelitian yang sedang diteliti.
Uraian tersebut tidak hanya berfokus pada variabel yang terlibat tetapi juga kedudukan masalah penelitian dalam lingkup permasalahan yang lebih luas. Latar belakang juga memuat penjelasan mengenai alasan mengapa tema atau topik yang dipilih dipandang menarik, penting, dan perlu untuk diteliti, baik secara rasional maupun teoretik.
2.         Rumusan Masalah
 Rumusan masalah merupakan persoalan yang menjadi inti permesalahan penelitian, oleh karena itu harus diungkapkan secara jelas, dan dapat dijawab menggunakan metode penelitian. Rumusan masalah harus dibuat dalam bentuk kalimat tanya dan disusun secara numeric jika lebih dari satu.
3.         Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan penelitian merupakan sesuatu yang hendak dicapai dalam penelitian. Idealnya tujuan penelitian adalah untuk menguji, menemukan, dan atau mengembangkan teori. Tujuan penelitian harus mengacu kepada rumusan masalah.
Manfaat penelitian terdiri dari dua bagian yaitu:      
a.               Teoretis
Manfaat teoretis menunjuk pada kontribusi hasil penelitian dalam penemuan atau pengembangan kerangka keilmuan atau teori.
b.              Praktis
Manfaat praktis menunjuk pada kontribusi hasil penelitian yang secara langsung dapat gunakan oleh pihak-pihak terkait (seperti: mahasiswa, organisasi atau lembaga sosial, pemerintah, perusahaan dan lain-lain).
4.         Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka memuat uraian sistematis tentang penelitian sejenis yang dilakukan peneliti sebelumnya dan ada hubungan atau kemiripan dengan penelitian yang dilakukan. Dalam tinjauan pustaka, harus jelas dinyatakan bahwa permasalahan yang diteliti belum terjawab atau ada variabel lain yang belum diteliti, tetapi mempengaruhi permasalahan yang akan diteliti.
Dalam bagian ini perlu juga diuraikan secara sistematis (kalau perlu dalam bentuk tabel atau matrik) tentang hasil-hasil penelitian yang dilakukan peneliti terdahulu yang terkait dengan objek penelitian yang dilakukan. Hal-hal yang diuraikan menyangkut antara lain keunikan dari studi tersebut, metode penelitian, hasil temuannya, dan keterbatasan dari penelitian tersebut. Tinjauan pustaka harus merujuk pada sumber aslinya. Jumlah penelitian yang dirujuk minimal 5 (lima) buah, baik dari dalam maupun dari luar UIN Walisongo.

5.         Metode Penelitian
Metode penelitian kualitatif juga bisa dibuat dalam satu bab tersendiri. Paparan dalam metode penelitian kualitatif sekurang-kurangnya meliputi:
a.          Jenis dan Pendekatan Penelitian
b.         Definisi Konseptual dan atau Operasional
c.          Sumber dan Jenis Data
d.        Teknik Pengumpulan Data
e.          Teknik Analisis Data
BAB IV: ANALISIS DATA
1.                   Analisis data merupakan uraian yang logis dari temuan data, teori yang sesuai dengan temuan data (dipilih dari kerangka  teori), dan interpretasi (pemaknaan/penjelasan) sesuai pemikiran peneliti. Logika disesuaikan dengan permasalahan yang menjadi fokus serta data penelitian. Analisis data merupakan jawaban atas masalah penelitian.
2.                  Analisis data bisa dibuat dalam beberapa bab, menyesuaikan dengan permasalahan penelitian. Bentuknya berupa uraian temuan-temuan dari masing-masing permasalahan penelitian.

Skripsi pertama degan judul   : METODE BIMBINGAN DAN PENYULUHAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN.
Atas nama                               : Zumrotus Sa’adah (091111088)
Pembimbing                            : 1. Drs. H. Anasom, M.Hum.
              2. Dr. Abu Rokhmad, M.Ag.
Ø  Latar belakang
Kajian tentang perempuan bukanlah suatu hal yang baru di tengah masyarakat dewasa ini, hal ini terbukti dengan munculnya banyak gerakan-gerakan pembela perempuan  yang bertujuan untuk menghapus tindakan diskriminasi terhadap perempuan yang disebabkan oleh kuatnya hegemoni laki-laki terhadap perempuan .

Upaya untuk menangkal dan mengatasi masalah tersebut perlu di persiapkan insan dan sumber daya manusia yang bermutu, yaitu manusia yang harmonis, sehat jasmani rohani, bermoral, serta dinamis dan kreatif.
Selain deskripsi mengenai perempuan ini adalah metode penyuluhan agama islam dalam pemberdayaan perempuan melalui ekonomi produktif.
Ø  Rumusan masalah
1.  Apa metode bimbingan penyuluhan agama Islam dilakukan oleh penyuluh agama Islam dalam pemberdayaan perempuan di majlis taklim al-Hikmah desa Sekarwangi kecamatan Kajen kabupaten Pekalogan?
2. Apa problem bimbingan penyuluhan agama Islam dalam pemberdayaan perempuan di majlis taklim al-hikmah desa Sekarwangi kecamatan Kajen kabupaten Pekalongan?
Ø  Tujuan penelitian
1. Untuk mengetahui dan menganalisis metode bimbingan penyuluhan agama Islam serta menganalisis problem bimbingan penyuluhan agam Islam dalam pemberdayaan perempuan di majlis taklim al-hikmah desa Sekarwangi kecamatan Kajen kabupaten Pekalongan,
Ø  Manfaat penelitian
1. Secara teoritis.
            Secara teoritis penelitian ini untuk memberikan wawasan konseptual tentang teori-teori metode bimbingan penyuluhan Islam.
2. Secara praktis
            Secara praktis hasil pembahasan penelitian ini diharapkan menjadi kajian lebih lanjut dalam rangka menyempurnakan di bidang pengembangan dakwah dan pemberdayaan masyarakat umum.
Ø  Tinjauan pustaka
Nur Hayati (2009), skripsinya berjudul. Strategi pemberdayaan perempuan  oleh pusat studi wanita (PSW) di Yogyakarta. Menunjukan bahwa dalam operaniosalisasi pemberdayaan perempuan ada dua :
1. Proses pemberdayaan hendaknya menekankan kepada proses pendistribusian kemampuan kekuatan.
2.   Menekankan pada proses menstimulisasikan,

Ø  Metode penelitian
1. Jenis penelitian
            Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian diskriptif kualitatif yaitu dengn model studi kasus.
2. Sumber data
            Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu primer dan skunder.
·         Primer
Yang termasuk sumber data primer disini meliputi pengurus, penyuluh agama islam, anggota (jamaah)
·         Skunder
Sumber skunder penulis diperoleh dari buku laporan-laporan, majalah, maupun refrensi yang berhubungan dengan penelitian.
Ø  Teknik penghimpunan atau pengumpulan data
§  Observasi (pengamatan)
§  Interview (wawancara)
Ø  Teknik analisis data
§  Data reducation (reduksi data)
§  Data display (penyajian data)
§  Conclusion planning (verivikasi data)
Hasil analisis saya terhadap bab pertama pada skripsi ini adalah:
Bab pertama, yang berisi pendahuluan dalam skripsi ini telah sesuai dengan Panduan Penyusunan Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Latar belakang yang dipaparkan telah menjawab pertanyaan mendasar mengenai tujuan dan fokus kajian skripsi. Rumusan masalah yang diajukan telah mencakup seluruh isi skripsi. Tujuan dan manfaat penelitian telah sesuai dengan yang diarahkan oleh Panduan. Adapun tinjauan pustaka sudah sesuai dengan yang akan dikaji oleh penulis. Mengenai metodologi penelitian sudah sesuai dengan Panduan.
Hasil analisis saya terhadap bab keempat pada skripsi ini adalah:
Pada bab keempat, dipaparkan hasil analisis dari penulis mengenai kajian penelitian. Analisis yang dikembangkan adalah: Analisis Bimbingan Dan Penyuluhan Agama Islam Dalam Pemberdayaan Perempuan Di Majelis Taklim Al-Hikmah Desa Sekarwangi Kajeng Pekalongan. Mengacu pada Panduan Penyusunan Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, skripsi ini telah sesuai dan memenuhi syarat. Analisis yang dikemukakan dalam bab empat telah menjawab rumusan masalah yang disebutkan pada bab satu.

Skripsi kedua degan judul      :
PEMBINAAN MASYARAKAT ISLAM DALAM MENANGULANGI TINGGINYA KAWIN CERAI DI KUA KECAMATAN PENGANDON KABUPATEN KENDAL
Atas nama                               : Dahliatul Mujtahidah (101111010)
Pembimbing                            : 1. Hj. Mahmudah, S.Ag., M.Pd.
  2. Anila Umriana, M.Pd.
Ø    Latar belakang
Islam telah mengatur tata cara membangun rumah tangga yang sakinah mawadah warohmah, pernikahan merupakan suatu tali pengikat cinta antara laki-laki dan perempuan yang telah memenuhi syarat dan rukun. Perceraian merupakan perbuatan yang halal namun sangat di benci oleh Allah. Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh kepastian dan kejelasan bagaimana pembinaan yang diberikan KUA. Baik secara umum maupun melalui uraian secara khusus mengenai  permasalahan perkawinan dan perceraian yang ada di wilayah kecamatan Pengandon kabupaten Kendal.
Ø  Rumusan masalah
1. Faktor apa sajakah yang menjadi penyebab terjadinya kawin cerai di kecamatan Pengandon kabupaten Kendal?
2. Bagaimana upaya KUA dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat dalam menanggulangi tingginya kawin cerai?
Ø  Tujuan penelitian
1. Untuk mendreskripsikan faktor yang menjadi penyebab terjadinya kawin cerai di kecamatan pengandon kabupaten kendal.
2. Untuk mengetahui bagaimana upaya KUA dalam menanggulangi terjadinya kasus kawin cerai di kecamatan pengandon kabupaten kendal
Ø  Manfaat penilitian
1. Secara teoritis
            Secara teoritis diharapkan penelitian ini mampu menambah khasanah keilmuan dan menjadi refrensi dalam kasusnya.
2. Secara praktis
            Secara praktis dapat memberikan konstribusi kepada intasi atau lembaga dalam meningkatkan pendidikan dan pembinaan  masyarakat Islam khususnaya.
Ø  Tinjauan pustaka
Perbedaan penelitian ini dengan penelitian yang lainya adalah pada penelitian mustikawi.
Ø  Metode penelitian
1. Jenis dan pendekatan data
            Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini bersikap membangun melalui pemahaman dan penemuan, penelitian ini berisi pengamatan berbagai kejadian dan intalasi yang di amati langsung oleh peneliti dari tempat kejadian.
2. Sumber data
            Berdasarkan sumber data dapat di bedakan menjadi dua yaitu data primer dan skunder, data primer adalah data yang diperoleh langsung dari subyek sebagai sumber informasi yang di cari sedangkan data sekunder adalah data yang dapat diperoleh dari subyek penelitianya.
Ø  Teknik pengumpulan data
§  Wawancara
§  Dokumentasi
Ø  Teknik analisis data
§  Ruduksi data
§  Penyajian data
§  Verifikasi
Hasil analisis saya terhadap bab pertama pada skripsi ini adalah:
Bab pertama, yang berisi pendahuluan dalam skripsi ini telah sesuai dengan Panduan Penyusunan Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian yang dikemukakan penulis telah sesuai dengan buku panduan.
Hasil analisis saya terhadap bab keempat pada skripsi ini adalah:
Bab keempat, penulis memaparkan hasil analisis dari penulis mengenai kajian penelitian. Analisis yang dikembangkan adalah: Analisis Terhadap Pembinaan Masyarakat Islam Untuk Menanggulangi Tingginya Kawin Cerai Di KUA Kecamatan Pengandon Kabupaten Kendal. Menurut buku Panduan Penyusunan Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, skripsi ini telah sesuai dan memenuhi syarat. Analisis yang dikemukakan dalam bab empat telah menjawab rumusan masalah yang disebutkan pada bab satu. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa skripsi ini dapat dipertanggungjawabkan.
Skripsi ketiga degan judul      : KECEMASAN MAHASISWA PROGRAM KHUSUS SEMESTER AKHIR DAN SOLUSINYA PERSPEKTIF FUNGSI BIMBINGAN KONSELING ISLAM (STUDI KASUS MAHASISWA PROGRAM KHUSUS DI IAIN WALISONGO SEMARANG)
Atas nama                               : Rini Hidayati (101111035)
Pembimbing                            : 1. Dr. Baidi Bukhori, S.Ag., M.Si.
  2. Hasyim Hasanah, M.S.I.
Ø  Latar Belakang
Skripsi ini memaparkan manusia dengan kebutuhan hidupnya serta gangguan yang mungkin timbul dalam diri manusia. Tidak hanya itu, penulis juga mengembagkan kecemasan ke lingkup mahasiswa semester akhir program khusus di IAIN Semarang karena tuntutan yang begitu memberatkan mereka. Pada bagian akhir latar belakang ini, penulis menjabarkan bagaimana Islam dan Bimbingan dan Konseling Islam dalam menghadapi kecemasan yang dialam ioleh mahasiswa semester akhir program khusus.
Ø  Rumusan Masalah
1.      Apa sajakah faktor penyebab kecemasan mahasiswa Program Khusus semseter akhir di IAIN Walisongo Semarang?
2.      Bagaimana upaya solusi yang dilakukan mahasiswa Program Khusus di IAIN Walisongo Semarang dalam menghadapi kecemasan semestr akhir perspektif fungsi Bimbingan da Konseling Islam?
Ø  Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan dari skripsi ini adalah untuk menemukan faktor penyebab kecemasan mahasiswa Program Khusus semester akhir di IAIN Walisongo Semarang serta mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan mahasiswa tersebut untuk menghadapi kecemasan yang mereka alami. Sedangkan manfaat penelitian ini adalah untuk menambah informasi utamanya dibidang kajian Bimbingan dan Konseling Islam serta memberikan sumbangan konselor dalam menghadapi kecemasan mahasiswa melalui Bimbingan dan Konseling Islam. 
Ø  Tinjauan Pustaka
Pertama, penelitian oleh Hidayanto tentang Perbedaan Kecemasan antara Mahasiswa Kedokteran yang Masuk Melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan SWADANA. Kedua, penelitian oleh Linayaningsih (2007) tentang Kecemasan pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata dalam Mengerjakan Skripsi. Ketiga, penelitian oleh Firmansyah (2014) tentang Kecemasan Mahasiswa dalam Mengerjakan Tugas Akhir Studi dan Solusinya Perspektif Bimbingan dan Konseling Islam.
Ø  Metodologi Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan metode diskripsi dan pendekatan konseling Islam. ada dua sumber data yang digunakan, yaitu data primer dan sekunder. Data primer berasal dari data hasil observasi langsung dengan objek yang akan diteliti. Dan data sekunder yang berasal dari buku, majalah dan artikel yang relevan dengan kajian yang akan diteliti. Subjek penelitian adalah informan yaitu mahasiswa Program Khusus IAIN Walisongo Semarang semester akhir. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi. Keabsahan yang dimiliki data adalah valid dan reability. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis.
Ø  Sistematika Penulisan Skripsi
Skripsi ini terdisi dari lima bab. Bab pertama berisi pendahuluan. Bab kedua berisi kerangka teoritik. Bab ketiga berisi gambaran umum kecemasan mahasiswa Program Khusus di IAIN Walisongo Semarang semester akhir. Bab keempat berisi hasil penelitian dan bab kelima berisi kesimpulan, saran dan penutup.
Hasil analisis saya terhadap bab pertama pada skripsi ini adalah:
Bab pertama, yang berisi pendahuluan dalam skripsi ini telah sesuai dengan Panduan Penyusunan Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, tinjauan pustaka, metodologi penelitian yang dikemukakan penulis telah sesuai dengan buku panduan. Penjabaran yang ditulis penulis juga telah memahamkan pembaca.
Hasil analisis saya terhadap bab keempat pada skripsi ini adalah:
Bab keempat, penulis memaparkan hasil analisis dari penulis mengenai kajian penelitian. Analisis yang dikembangkan adalah: Analisis Faktor Penyebab Kecemasan Mahasiswa Program Khusus Semseter Akhir Di IAIN Walisongo Semarang Dan
Bagaimana Upaya Solusi Yang Dilakukan Mahasiswa Program Khusus Di IAIN Walisongo Semarang Dalam Menghadapi Kecemasan Semestr Akhir Perspektif Fungsi Bimbingan Dan Konseling Islam. Menurut buku Panduan Penyusunan Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, skripsi ini telah sesuai dan memenuhi syarat. Analisis yang dikemukakan dalam bab empat telah menjawab rumusan masalah yang disebutkan pada bab satu. Analisis yang dihasilkan logis dan sistematis, maksudnya pembahasan tidak keliuar dari topik kajian.


1 komentar: